Rabu, 13 November 2013

PETUNJUK PENGISIAN CPNS



PETUNJUK PENGISIAN
FORM PENDAFTARAN ONLINE CPNS KEMENKES RI 2013

NO
I T E M
K E T E R A N G A N
DOKUMEN PENDUKUNG
(HARUS DILAMPIRKAN)
PEMINATAN
1.
Provinsi
Pilih salah satu tujuan provinsi peminatan Saudara
2.
Satuan Kerja
Pilih salah satu tujuan satuan kerja peminatan Saudara
3.
Jabatan Formasi
Pilih salah satu jabatan formasi sesuai dengan ijazah yang Saudara gunakan untuk mendaftar
Ijazah
4.
Pendidikan
Pilih salah satu kualifikasi pendidikan yang ada dalam list (daftar pilihan yang ada dalam list, secara otomatis akan mengikuti jabatan formasi yang Saudara pilih)
Ijazah
5.
Pelamar Disabilitas Tuna Daksa (Cacat Kaki)
Pilih salah satu sesuai yang ada dalam list
CATATAN :
Variabel ini akan muncul bila Saudara memilih "Jabatan Formasi Yang Diperuntukan Untuk Pelamar Khusus Disabilitas Tuna Daksa (Cacat Kaki)"
IDENTITAS PRIBADI
1.
N a m a
Tulis nama lengkap Saudara dengan huruf kapital tanpa gelar, sesuai nama pada ijazah yang digunakan untuk mendaftar
Contoh:
KAHFI MUHAMMAD ZAIN atau R. GIRI WURJANDARU
Ijazah
2.
Tempat & Tgl Lahir
-  Tempat Lahir


-  Tanggal Lahir

Tulis tempat lahir Saudara sesuai yang tercantum dalam ijazah yang digunakan untuk mendaftar.
Contoh :
Medan, Jakarta, Semarang

Pilih tanggal, bulan, dan tahun lahir Saudara, sesuai yang tercantum dalam ijazah.
Ijazah
3.
Jenis Kelamin
Pilih salah satu jenis kelamin sesuai yang ada dalam list
KTP
4.
Agama
Pilih salah satu agama sesuai yang ada dalam list
KTP
5.
Status Perkawinan
Pilih salah satu status Perkawinan Saudara saat ini sesuai yang ada dalam list
KTP/Surat Nikah
6.
No KTP
Tulis Nomor KTP Saudara sesuai yang tercantum dalam KTP yang digunakan untuk mendaftar
KTP
7.
Alamat Domisili
- RT
- RW
- Desa/Kelurahan
- Kecamatan
- Provinsi
- Kota/Kab
Tulis alamat domisili saudara saat ini seperti nama kampung, nama jalan, blok, dan atau nomor rumah
Diisi dengan RT tempat tinggal Anda
Diisi dengan RW tempat tinggal Anda
Diisi dengan desa/kelurahan tempat tinggal Anda
Diisi dengan kecamatan tempat tinggal Anda
Pilih Provinsi sesuai dengan tempat tinggal Anda
Pilih Kabupaten sesuai dengan tempat tinggal Anda
KTP
8.
No Telp & HP
- No Telp
- HP

Tulis nomor telepon lengkap dengan kode area yang dapat dihubungi
Tulis nomor HP yang dapat dihubungi

9.
Alamat E-mail
Tulis alamat e-mail yang Saudara miliki
10.
AKTE Kelahiran/Surat Kenal Lahir
-  Nomor

-  Tanggal

Tulis nomor AKTE Kelahiran/Surat Kenal Lahir dengan lengkap sesuai yang tercantum pada AKTE Kelahiran/Surat Kenal Lahir
Pilih tanggal, bulan, dan tahun AKTE Kelahiran/Surat Kenal Lahir dibuat
CATATAN :
Variabel ini akan muncul bila Saudara memilih Provinsi "Formasi Khusus Putra/Putri Papua" dan wajib diisi bagi pelamar yang memilih Provinsi tersebut
AKTE Kelahiran/Surat Kenal Lahir
11.
Kartu Keluarga (KK)
-  Nomor
-  Tanggal

Tulis nomor Kartu Keluarga (KK) dengan lengkap sesuai yang tercantum pada Kartu Keluarga (KK)
Pilih tanggal, bulan, dan tahun Kartu Keluarga (KK) dibuat
CATATAN :
Variabel ini akan muncul bila Saudara memilih Provinsi "Formasi Khusus Putra/Putri Papua" dan wajib diisi bagi pelamar yang memilih Provinsi tersebut
Kartu Keluarga (KK)
PENDIDIKAN TERAKHIR
1.
Nama Perguruan Tinggi
Tulis nama perguruan tinggi lulusan Saudara, ditulis lengkap dan tidak disingkat sesuai yang tercantum pada ijazah yang Saudara gunakan untuk mendaftar
Contoh :
Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Iskandar Muda Banda Aceh
Ijazah
2.
No & Tgl Ijazah Terakhir
-  Nomor

-  Tanggal

Tulis nomor ijazah dengan lengkap sesuai yang tercantum pada ijazah yang Saudara gunakan untuk mendaftar
Pilih tanggal, bulan, dan tahun dikeluarkannya ijazah tersebut
Ijazah
3.
IPK
Tulis IPK Saudara dalam skala 4, sesuai yang tercantum pada transkip nilai Saudara
Contoh :
2.75, 3.25
Ijazah/Transkip Nilai
4.
Surat Tanda Registrasi/Apoteker (STR/STRA)
-  Nomor

-  Tanggal


Tulis nomor STR/STRA dengan lengkap sesuai yang tercantum pada STR/STRA
Pilih tanggal, bulan, dan tahun STRSTRA dikeluarkan
CATATAN :
Variabel ini akan muncul bila Saudara memilih Jabatan Formasi "Dokter/Dokter Spesialis/Dokter Pendidik Klinis/Apoteker" dan wajib diisi bagi pelamar yang memilih Jabatan tersebut
Surat Tanda Registrasi/ Apoteker (STR/STRA)
PENDUKUNG
1.
Tgl Surat Ket. Sehat Jasmani & Rohani
-  Tanggal Dikeluarkan


Pilih tanggal, bulan, dan tahun dikeluarkannya Surat Keterangan Sehat Jasmani & Rohani dari Dokter Pemerintah antara lain :
Puskesmas/RSUD/RSUP/RS TNI-Polri, yang memiliki izin Praktek
CATATAN :
Surat Keterangan Sehat Jasmani & Rohani minimal diterbitkan Agustus 2013.
Surat Ket. Sehat Jasmani & Rohani
2.
No & Tgl Surat Ket. Catatan Kepolisian (SKCK)
-  Nomor










-  Tanggal


Tulis nomor dengan lengkap sesuai yang tercantum pada Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian (ditulis setelah tanda titik dua)
Contoh :
No Pol : B/SKCK/2215/IX/2013/SAT INTELKAM ditulis
              B/SKCK/2215/IX/2013/SAT INTELKAM
No : Pol. B/SKCK/2215/IX/2013/SAT INTELKAM ditulis
        Pol. B/SKCK/2215/IX/2013/SAT INTELKAM
No : B/SKCK/2215/IX/2013/SAT INTELKAM ditulis
        B/SKCK/2215/IX/2013/SAT INTELKAM
No. Pol. B/SKCK/2215/IX/2013/SAT INTELKAM ditulis
       Pol. B/SKCK/2215/IX/2013/SAT INTELKAM

Pilih tanggal, bulan, dan tahun SKCK dikeluarkan
CATATAN :
SKCK harus berlaku saat melakukan pendaftaran on-line.
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
3.
Pengalaman Kerja


- Nama Instansi
- No SK Pengangkatan Pertama
- Tgl SK Pengangkatan Pertama
- TMT Pengangkatan Pertama
Pilih "Ya" jika Saudara berstatus tenaga honorer/kontrak sesuai Satuan Kerja Peminatan.
CATATAN :
Pengalaman masa kerja harus sesuai dengan Satuan Kerja Peminatan.

Terisi secara otomatis sesuai dengan Peminatan yang Saudara pilih
Tulis nomor SK dengan lengkap sesuai yang tercantum pada SK Pengkatan Pertama Saudara
Pilih tanggal, bulan, dan tahun dikeluarkannya SK Pengkatan Pertama Saudara
Pilih tanggal, bulan, dan tahun TMT SK Pengkatan Pertama Saudara
CATATAN :
Variabel ini akan muncul bila Saudara memilih Pengalaman Kerja "Ya"
SK Pengangkatan Pertama sampai dengan saat ini
4.
Pasca/Sedang PTT Pusat
Pilih "Ya" jika Saudara sudah pernah atau sedang melaksanakan tugas sebagai PTT Pusat.
5.
Surat Keterangan Selesai Penugasan/SMB/SK Pengangkatan PTT (bagi yang dalam masa penugasan)
-  Nomor

-  Tanggal




Tulis nomor dengan lengkap sesuai yang tercantum pada Surat Keterangan Selesai Penugasan/SMB /SK Pengangkatan PTT (bagi yang dalam masa penugasan) yang saudara miliki
Pilih tanggal, bulan, dan tahun dikeluarkan
CATATAN :
- Variabel ini hanya diisi bagi Dokter/Dokter Gigi/Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis pasca/dalam masa penugasan PTT
- Bagi Dokter/Dokter Gigi/Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis PTT yang dalam masa penugasan, harus mencantumkan Nomor dan Tanggal SK yang tercantum dalam SK Pengangkatan PTT.
Surat Keterangan Selesai Penugasan/SMB/SK Pengangkatan PTT
6.
NRPTT
Tulis NRPTT yang Saudara miliki
CATATAN :
- Variabel ini hanya diisi bagi Dokter/Dokter Gigi/Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis pasca/dalam masa penugasan PTT.
Surat Keterangan Selesai Penugasan/SMB/SK Pengangkatan PTT
Lokasi Pendaftaran
Tulis lokasi daftar Saudara saat melakukan pendaftaran on-line


Catatan :
1.
Periksa kembali kebenaran seluruh isian data Saudara.
2.
Apabila Saudara akan menyimpan data isian tersebut, silahkan tekan tombol "SIMPAN". Sebelum data tersimpan sistem akan menampilkan konfirmasi "Apakah Saudara yakin akan menyimpan data tersebut ?". Tekan "OK" bila Saudara yakin akan menyimpan.
3.
Tekan tombol "Cancel" jika Saudara belum yakin data tersebut benar dan masih ada yang harus diperbaiki.
4.
Jika data Saudara telah tersimpan ke dalam Server, maka data tersebut tidak dapat dipanggil kembali untuk diubah/edit.
5.
Setelah data disimpan, sistem secara otomatis menampilkan menu cetak. Cetaklah form pendaftaran yang sudah diisi tersebut sebanyak 2 (dua) lembar , bubuhi tanda tangan dan tempelkan pas photo berwarna yang terbaru ukuran 4 x 6 cm di kolom yang tersedia.
6.
Satu lembar disimpan baik-baik sebagai bukti pendaftaran, dan ditunjukkan pada saat pengambilan kartu tanda peserta ujian tulis dan satu lembar lainnya dikirimkan bersamaan dengan dokumen kelengkapan berkas persyaratan ke Po Box yang telah ditentukan.
7.
Saudara tidak dapat mendaftar lebih dari satu kali karena sistem sudah dilengkapi dengan alat validasi berdasarkan beberapa lapis data yang Saudara masukkan/entry. Apabila Saudara memasukkan data beberapa kali, secara otomatis data Saudara akan terhapus.
8.
Setiap data yang Saudara masukkan harus dilengkapi dengan dokumen penunjang (lihat petunjuk), Apabila data yang Saudara masukkan/entry tidak sesuai dengan dokumen penunjang yang dikirimkan, maka status data menjadi tidak valid dan dengan sendirinya akan didiskualifikasi.
9.
Pelajari petunjuk ini sekali lagi sebelum Saudara mulai mengisi. Selamat Mengikuti Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Kesehatan RI tahun 2013.


Jakarta, September 2013.
Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI.

Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan R.I 2013.
Powered by Team IT Biro Kepegawaian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wdcfawqafwef